Analisis Pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Kesetiaan Merek pada Restoran the Prime Steak & Ribs Surabaya

Kamis, 22 September 2011
Judul          :  Analisis Pengaruh kepuasan konsumen terhadap kesetiaan merek pada Restoran the Prime Steak & Ribs Surabaya
Pengarang   :  Hatane Samuel Foedjiawati
Tahun          :  2005
Tema           :  Kepuasan konsumen 
 
Latar belakang masalah 

Pada zaman yang modern ini aktivitas kerja yang tinggi dan adanya kesempatan yang sama untuk bekerja bagi setiap orang tanpa diskriminasi. Aktivitas tersebut berdampak pada wanita karier atau pekerja yang menghabiskan waktu diluar rumah, sehingga kesulitan dalam menjalankan aktivitas sebagai ibu rumah tangga termasuk menyediakan makanan bagi keluarga. Kelompok keluarga yang ekonomi cukup cenderung memiih makanan diluar rumah dengan memilih tempat restoran atau café, selain cita rasa enak juga banyak sekali yang ditawarkan. Surabaya sebagai kota metropolitan mempunyai fasilitas yang disebutkan diatas yaitu Restoran the Prime Steak & Ribs Surabaya. The Prime Steak & Ribs salah satu restoran yang membuka usaha pada 11 November 2002 berlokasi di Jl. Manyar Kertoarjo 66, Surabaya. Berdasarkan hasil survey awal, ada fenomena bahwa konsumen restoran semakin hari makin bertambah, terlihat kesetiaan dari banyaknya konsumen dilihat dari frekuensi kunjungan setiap harinya.

 Masalah    
  
Bagaimana pengaruh kepuasan konsumen terhadap kesetiaan merk pada Restoran ?

 Tujuan

Untuk mendeskripsikan atribut-atribut kepuasan konsumen dan kesetiaan pada merek, kemudian dicari hubungan kasual antara kepuasan konsumen dengan kesetiaan pada merek tersebut.


Metode penelitian
-   Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan konklusif, yang tujuannya untuk mendeskripsikan atribut-atribut kepuasan konsumen dan kesetian merek, kemudian dicari hubungan kausal antara kepuasan konsumen dengan kesetian merek tersebut.
Variabel tidak bebas (Y) adalah kesetiaan merek yang diukur melalui atribut, habitual behaviour, switching cost, liking of the brand, dan commitment. Variabel bebas (X) adalah kepuasan konsumen yang dikelompokkan menjadi X1 = Attributes related to the product, X2 = Attributes related to the service, X3 = Attributes related to the purchase Model statistika yang dipakai untuk menyatakan hubungan kausal antar kedua variabel di atas adalah model regresi  berganda ; Y = β0 + β1X1 + β2 X2 + β3X3 + ε .


Hasil

Analisis yang dilakukan berdasarkan data dari 100 responden yang memenuhi syarat untuk diolah lebih lanjut, 10 data responden dianggap tidak dapat digunakan karena tidak lengkap.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil deskripsi kepuasan konsumen :
The Prime Steak & Ribs mendapatkan penilaian yang cukup baik, walaupun ada beberapa atribut yang mendapatkan penilaian yang kurang baik.
Berdasarkan hasil deskripsi kesetiaan pada merek :
Penilaian responden terlihat atribut keseringan makan di The Prime Steak & Ribs mendapat penilaian kurang bagus, tetapi dengan pelayanan,rekomendasi, dan kenyamanan yang ditawarkan mendapatkan penilaian yang cukup baik.
Dari hasil kedua deskripsi antara kepuasan konsumen dan kesetiaan pada merek terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara kepuasan dengan kesetiaan merek, hal ini menunjukkan bahwa penelitian ini mendukung teori tentang kesetiaan merek.


Saran

Berdasarkan kesimpulan di atas, maka dapat disarankan sebagai berikut ;
1. Restoran The Prime Steak & Ribs dapat menggunakan kartu anggota bagi pelanggan setia, agar dapat mudah melakukan evaluasi terhadap pelayanan restoran.
2. Dilihat dari variasi penilaian kepuasan konsumen, maka sangat dimungkinkan untuk restoran melakukan stimuli yang dapat menaikan kesetian konsumen, hal ini juga didukung oleh pengaruh positip antara kepuasan konsumen dengan kesetian merek pada penelitian ini.



0 komentar:

Posting Komentar