bisnis yang tidak beretika

Senin, 08 Oktober 2012

Bisnis beretika adalah bisnis yang mengindahkan serangkaian nilai-nilai luhur yang bersumber dari hati nurani, empati, dan norma. Bisnis disebut etis apabila dalam mengelola bisnisnya pengusaha selalu menggunakan nuraninya, berpromosi dengan tidak menipu dan telah menggunakan praktik bisnis yang  jujur. Namun masih banyak kenyataannya di dunia bisnis ini yang tidak beretika, hal itu dilakukan hanya untuk menarik konsumen dengan mendapatkan keuntungan semata – mata.
Contoh dari bisnis yang tidak beretika terdapat pada perusahaan XYZ, yang sifatnya mengikat menawarkan produk paket xxx sebagai layanan internet yang mempunyai koneksi jaringan internet dengan kecepatan tinggi dan lokasi akses yang dapat dilakukan dimana saja dalam jaringan HSDPA/3G/EDGE/GPRS. Produk ini juga memberikan keuntungan -  keuntungan yang begitu memikat minat konsumen untuk membeli seperti mudah di kontrol, fleksibel, kecepatan tinggi dan jangkauan jaringan yang luas. Pada kenyataannya berbeda menurut konsumen yang menggunakannya awalnya memang sangat memuaskan memakai produk ini, tetapi setelah beberapa minggu kemudian layanan yang di promosikan produk ini tidak benar. Koneksi jaringan internet yang awalnya puas menjadi mengecewakan karena koneksi internet yang terlalu lama, akhirnya konsumen tidak mendapatkan kepuasan atas layanan yang diberikan, konsumen tidak bisa serta berhenti dari layanan. Ironisnya lagi, meskipun sudah membuang produknya alias tidak menggunakan jasa layanan, tetap saja dikenakan kewajiban membayar sama persis ketika pelanggan itu menggunakan secara aktif. Seharusnya perusahaan memberikan pelayanan yang sejujurnya sesuai apa yang dipromosikannya, bukan membohongi konsumen dengan pelayanan tidak benar yang merugikan konsumen.

1 komentar:

hamaadquave Says:
3 Maret 2022 pukul 05.13

New slot machines in NYC will be approved in December 2021
“We are thrilled to announce 충청북도 출장마사지 the first 원주 출장안마 slot 하남 출장샵 machines to be approved in New 제천 출장샵 York City,” said Thomas Gascoyola, president of PlayTech. 동해 출장샵 “We look forward

Posting Komentar