EFEKTIF dan EFISIEN

Selasa, 02 November 2010
EFEKTIF dan EFISIEN

Sering kali kita mendengar nama Efektif dan Efisien bahkan nama itu hamper setiap kali kta mendengarnya,namun dari kata tersebut kita masih sulit untuk membedakannya,atau mungkin kita sama sekali tidak tahu bedanya. Pernah terpikir bahwa orang yang mengatakan kata – kata tersebut juga tidak mengetahui artinya, mereka hanya sekedar mengucapkannya. Kelihatannya seperti sangat berkualitas dan keren, tapi ada juga dari mereka yang sudah tahu dan mengerti kata tersebut. Untuk itu saya akan mencoba menerangkan semampu saya tentang kata Efektif dan Efisien. Efektif artinya adalah kita melakukan hal – hal yang benar ( Do the Right things). Sedangkan efisien adalah kita melakukannya dengan cara yang benar ( Do the things Right).
Contoh dari kata – kata tersebut adalah:
• Kita berangkat ke sekolah yang bisa di tempuh dengan berjalan kaki, tapi kita berangkat dengan naik ojek ( kata tersebut sudah efektif namun belum efisien )
• Supaya tidak terlambat ke sekolah kita bangun pagi – pagi dan berangkat lebih pagi sehingga kita tidak perlu untuk mengeluarkan biaya untuk naik ojek ( kata tersebut adalah efisien )
Jadi pada efisien terjadi keseimbangan antara input dan outputnya sedangkan efektif hanya berorientasi pada outputnya. (www.google.com)

0 komentar:

Posting Komentar