Pancasila VS Agama

Rabu, 03 November 2010
Budaya indonesia memiliki keragaman budaya yang diungkapkan dalam kalimat bhineka tunggal ika yang mengandung arti, meskipun bangsa indonesia itu trdiri dari berbagai suku, budaya, bahasa, warna kulit dan agama. Contoh nya agama dinegara kita terdapat enam agama yaitu islam, kristen protestan, khatolik, hindu, budha dan konghucu. Yang pengertian agama itu adalah Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem atau prinsip kepercayaan kepada Tuhan, atau juga disebut dengan nama Dewa atau nama lainnya dengan ajaran kebhaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan tersebut.
Kata "agama" berasal dari bahasa Sansekerta āgama yang berarti "tradisi". Sedangkan kata lain untuk menyatakan konsep ini adalah religi yang berasal dari bahasa Latin religio dan berakar pada kata kerja re-ligare yang berarti "mengikat kembali". Maksudnya dengan berreligi, seseorang mengikat dirinya kepada Tuhan
Tetapi pada hakikatnya bangsa indonesia itu satu sebagai satu bangsa. Secara konsepsional, keragaman budaya indonesia adalah asset bangsa kita. Oleh karena itu perbedaan bukanlah persoalan. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa indonesia artinya nilai – nilai dari sila – sila pancasila memang digali dari kebudayaan bangsa, oleh karena itu setiap warga negara dijamin oleh undang – undang untuk menjalankan agama sesuai dengan keyakinan nya.




BUTIR – BUTIR PANCASILA
• KETUHANAN YANG MAHA ESA
Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketaqwaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
• KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB.
Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.
• PERSATUAN INDONESIA.
Mampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
• KERAKYATAN YANG DI PIMPIN OLEH HIKMAT DAN KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN DAN PER WAKILAN.
Sebagai warga negara memiliki kedudukan hak dan kewajiban yang sama.
• KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA.
Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.
jadi kesimpulan nya adalah Pancasila bukanlah dapat dijadikan sebagai agama melainkan, Pancasila merupakan pandangan dan pedoman hidup bangsa dan negara indonesia demi tercipta nya cita – cita bangsa indonesia yang adil, makmur dan sejahtera.

0 komentar:

Posting Komentar