analisis swot

Rabu, 29 Desember 2010
Analisis lingkungan internal merupakan semua macam manajemen fungsional: pemasaran, keungan, operasional, sumber daya manusia, penelitian dan pengembangan, system informasi manajemen dan budaya perusahaan (Corporate culture). Dari penguasaan faktor internal perusahaan dapat mengidentifikasi kekuatan (strength) dan kelemahan (weaknesess) yang dimiliki.
Secara umum, sebuah bisnis harus mencari peluang yang atraktif dan disisi lain harus mampu meraih keuntungan dari peluang tersebut. Setiap bisnis harus mengevaluasi kekuatan dan kelemahan internal suatu perusahaan. Hal ini bisa dipergunakan dengan menggunakan satu cara seperti yang ditunjukan dalam analisa dalam kekuatan dan kelemahan suatu perusahaan tersebut.
Analisa lingkungan eksternal merupakan lingkungan bisnis yang melingkupi operasi perusahaan yang dapat menimbulkan adanya peluang (opportunities) dan ancaman (threath) bisnis. Secara umum, sebuah unit bisnis harus memantau gaya lingkungan makro yang penting (demografis-ekonomi, teknologi, politik-legal, dan sosial budaya) dan pelaku lingkungan mikro (pelanggan, pesaing, distributor, pemasok) yang mempengaruhi kemampuannya untuk mendapatkan laba.
Salah satu tujuan utama dari pemantauan lingkungan adalah mengenai peluang pasar baru. Peluang pasar adalah bidang kebutuhan atau minat potensial pembeli yang bisa dijalankan secara menguntungkan oleh perusahaan. Peluang bisa muncul dalam berbagai bentuk dan pemasar harus terampil mengenalinya.
Beberapa perkembangan dilingkungan eksternal menimbulkan ancaman. Ancaman lingkungan adalah tantangan yang muncul dari kecenderungan atau perkembangan yang tidak diinginkan, yang menimbulkan pengurangan penjualan atau laba, jika tidak ada tindakan pemasaran bertahan.
Empat hasil yang diperoleh sebagai berikut :
 Bisnis ideal, memiliki peluang utama yang besar dan ancaman utama yang kecil.
 Bisnis spekulatif, hak peluang maupun ancaman utamanya besar.
 Bisnis dewasa, baik peluang maupun ancaman utamanya kecil.
 Bisnis bermasalah, memiliki peluang yang kecil dan ancaman yang besar.
Dengan kata lain perusahaan akan mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan ketika kekuatan perusahaan melebihi kelemahan yang dimiliki. Oleh karena itu, perusahaan tersebut mampu mengeksploitasi peluang bisnis yang ada meminimalkan ancaman bisnis yang mengelilinginya. Hal inilah yang disebut sebagai analisis SWOT (Stenght, Weaknesses, Opportunities, Threats).

0 komentar:

Posting Komentar