konsep pemasaran

Rabu, 29 Desember 2010
Konsep pemasaran menekankan integrasi antar fungsi pemasaran, dengan kata lain dibutuhkan keselarasan antar eksternal marketing (pemasaran yang ditunjukan kepada pihak-pihak luar perusahaan) dan eksternal marketing (proses merekrut, melatih, memotivasi para karyawan sehingga mereka dapat melayani para konsumen secara memuaskan). Tujuan akhir konsep pemasaran adalah membantu organisasi mencapai tujuannya.
Tiga faktor penting yang digunakan sebagai dasar dalam konsep pemasaran :
A. Orientasi Konsumen
Pada intinya, jika suatu perusahaan ingin menerapkan suatu orientasi konsumen ini maka:
a. Menentukan kebutuhan pokok dari pembeli yang akan dilayani dan dipenuhi.
b. Memilih kelompok pembeli sebagai sasaran dalam penjualan.
c. Menentukan produk dan strategi pemasarannya.
d. Melakukan penelitian pada konsumen untuk mengukur, menilai, dan menafsirkan keinginan, sikap, serta tingkah laku mereka.
e. Menentukan dan melaksanakan strategi yang paling baik, apakah menitikberatkan pada mutu yang tinggi, harga yang murah atau model yang menarik.
B. Koordinasi dan Integrasi dalam Perusahaan
Untuk memberikan kepuasan yang optimal kepada konsumen, semua elemen yang ada harus diintegrasikan. Hindari adanya pertentangan antara perusahaan dan pasarnya. Salah satu cara untuk menyelesaikan dan mengatasi masalah kondisi dan integrasi ini dapat menggunakan satu orang yang mempunyai tanggung jawab kepada kegiatan pemasaran, yaitu manajer pemasaran. Jadi, dapat disimpulkan bahwa setiap orang dalam perusahaan turut serta dalam upaya memberikan pelayanan dan kepuasan kepada konsumen sehingga dapat tercapainya tujuan perusahaan.
C. Mendapatkan laba melalui pemuasan konsumen
Salah satu tujuan dari perusahaan adalah untuk mendapatkan profit atau laba. Dengan laba tersebut perusahaan dapat tumbuh dan berkembang dengan kekuatan yang lebih besar. Dengan menggunakan konsep pemasaran ini, hubungan antara perusahaan dan konsumen akan dapat diperbaiki dan pada akhirnya akan dapat menguntungkan bagi perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar