definisi bauran pemasaran

Rabu, 29 Desember 2010
Bauran pemasaran (marketing mix) adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran. (Philip Kotler, 2005,17)
Bauran pemasaran terdiri dari segala hal yang dapat dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian produk.
Faktor-faktor marketing/pemasaran terdiri dari:
1. Faktor Produk
Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, di cari, dibeli, digunakan atau d konsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan. Produk yang ditawarkan meliputi barang fisik, jasa, orang atau pribadi tempat, organisasi, dan ide.
2. Faktor Harga
Harga, nilai, dan faedah merupakan konsep yang sangat berkaitan. Faedah adalah atribut suatu produk yang dapat memuaskan kebutuhan, sedangkan nilai adalah ungkapan secara kuantitatif tentang kekuatan barang untuk dapat menarik barang lain dalam pertukaran. Dalam perekonomian sekarang ini, untuk mengadakan pertukan atau untuk mengukur nilai suatu produk dengan menggunakan uang bukan barter. Jumlah uang yang di gunakan dalam pertukaran tersebut mencerminkan tingkat harga dari suatu barang.
3. Faktor Tempat atau lokasi pelayanan
Tempat pelayanan yang digunakan dalam memasok suatu produk atau jasa kepada pelanggan yang dituju merupakan keputusan kunci. Keputusan mengenai lokasi pelayanan yang akan digunakan melibatkan pertimbangan bagaimana penyerahan produk atau jasa kepada pelanggan dan dimana itu akan berlangsung
4. Faktor Promosi
Promosi penjualan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan suatu produk kepada konsumen promosi dilakukan dengan tujuan untuk mempengaruhi pihak konsumen dalam melakukan suatu pembelian barang atau jasa.
5. Faktor Orang
Orang merupakan semua pelaku yang memainkan peranan dalam penyajian suatu barang atau jasa sehingga dapat mempengaruhi persepsi konsumen elemen-elemen dari orang tersebut adalah pegawai perusahaan dan konsumen
6. Faktor Sarana Fisik
Sarana fisik merupaka suatu tempat atau sarana yang dimiliki oleh perusahaan yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Unsur yang termasuk sarana fisik antara lain lingkungan fisik, dalam hal ini bangunan fisik, peralatan, perlengkapan, logo, warna dan barang-barang lainnya yang disatukan dengan servis yang di berikan.
7. Faktor Proses
Proses merupakan semua prosedur actual, dan aliran aktivitas yang digunakan untuk menyampaikan produk atau jasa. Elemen proses ini mempunyai arti suatu upaya perusahaan dalam menjalankan dan melaksanakan aktivitasnya.
Ketujuh faktor tersebut sangat erat kaitannya satu sama lain dalam kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan, sehingga tercapainya tujuan perusahan.

0 komentar:

Posting Komentar