pemilihan strategi pemasaran

Rabu, 29 Desember 2010
Proses pemilihan strategi pemasaran membutuhkan petimbangan cermat atau sejumlah tipe informasi :
 Tujuan dan Sasaran Produk
Tujuan produk harus dijadikan pedoman dalam menentukan tipe dasar strategi yang dibutuhkan. Sebagai contoh, jika tujuan utama produk adalah meningkatkan volume penjualan atau pertumbuhan pangsa pasar, maka biasanya alternatif utama yang biasa dipertimbangkan adalah strategi selektif yang berfokus pada upaya merebut pelanggan dari pesaing atau memperluas pasar yang dilayani. Sebaliknya, apabila tujuan perusahaan ini lebih menekankan pada aliran kas dan profitabilitas, maka strategi pemasarannya difokuskan pada mempertahankan atau meningkatkan permintaan dari basis pertahanan saat ini.
 Peluang Pasar
Karakteristik dan besarnya peluang pasar harus ditetapkan secara lebih jelas berdasarkan analisa pasar dan pengukuran pasar. Analisa pasar memberikan informasi mengenai siapa yang membeli bentuk produk (dan juga situasi yang tidak menggunakan produk), dan faktor0faktor yang mempengaruhi kesediaan dan kemampuan untuk membeli.
 Kesuksesan Pasar
Manajer pemasaran harus memahami jenis keunggulan bersaing dan tingkat pengeluaran pemasaran yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan pasar. Melalui analisis persaingan, perusahaan dapat memahami siapa pesaingnya, seberapa besar tingkat intensitas persaingan yang ada, dan keunggulan apa yang harus dikembangkan dalam rangka bersaing secara efektif menghadapi para pesaing merek langsung (strategi permintaab selektif) atau para pesaing kelas produk yang tidak langsung.

1 komentar:

Anonim Says:
5 Februari 2013 pukul 08.25

terima kasih artikelnya sangat mencerahkan

Strategi Pemasaran

Posting Komentar