pengertian manajemen pemasaran

Rabu, 29 Desember 2010

Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi.
(Philip Kotler 2003)
            Definisi ini mengakui bahwa manajemen pemasaran adalah proses yang dimulai oleh (1) analisis peluang pemasaran, (2) penelitian dan pemilihan pasar sasaran, (3) perencanaan strategi pemasaran, (4) perencanaan program pemasaran, (5) pengorganisasian dan pelaksanaan pemasaran, (6) pengendalian usaha pemasaran.
            Tahap analisis akan menghasilkan peluang pemasaran dan alternatif pasar sasaran, terhadap perencanaan menghasilkan alternatif strategi pemasaran dan alternative bauran pemasaran, tahap pelaksanaan yaitu melaksanakan alokasi sumber daya pemasaran, tahap pengendalian mengevaluasi kinerja perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar