strategi pemasaran

Rabu, 29 Desember 2010
Srategi pemasaran adalah serangkain tindakan terpadu menuju keunggulan kompotitif yang berkelajutan. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran adalah :
A Faktor Mikro
a. Perantara pemasaran (distributor) yaitu pedagang yang menyalurkan barang kepada pedagang besar atau pedagang kecil.
b. Pedangang besar (wholesaler) yaitu pedagang yang membeli barang dari distributor dalam partai yang besar.
c. Pengecer (retailer) yaitu pedagang yang membeli barang dari distributor dalam partai yang kecil.
B. Faktor Makro
a. Faktor Demografi yaitu faktor yang berhubungan dengan (usia, pendidikan, tingkat pendapatan)
b. Faktor Ekonomi yaitu faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan sumber daya yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan.
c. Faktor Hukum yaitu faktor yang berhubungan dengan penegakan peraturan didalam kehidupan masyarakat.
d, Faktor Teknologi yaitu faktor yang berkaitan dengan pemanfaatan peralatan yang ada untuk kemajuan perusahaan.
Sedangkan strategi pemasaran dari sedut pandang penjual (7P) adalah tempat (place), produk (product), harga (price), promosi (promotion), people (orang), sarana fisik (physical evidence) dan proses (process).
Tujuan akhir dari konsep dan strategi pemasaran adalah memberikan kepuasan kepada pelanggan sepenuhnya (Total Customer Statisfaction). Kepuasan pelanggan sepenuhnya bukan berarti memberikan kepada pelanggan apa yang menurut kita berikan kepada mereka, tetapi apa yang sesungguhnya mereka inginkan serta kapan dan bagaimana mereka inginkan, atau secara singkat adalah memenuhi kebutuhan pelanggan.

0 komentar:

Posting Komentar