pengertian pemasaran

Rabu, 29 Desember 2010
Di dalam dunia perekonomian yang modern, khususnya perusahaan yang memproduksi barang dan jasa maupun perusahaan perdagangan, masalah utama yang sering dihadapi adalah usaha untuk menyalurkan atau memasarkan barang dan jasa yang diperdagangkan atau dihasilkan itu kepada pihak-pihak pembeli atau konsumen yang membutuhkan. Untuk dapat berhasilnya pemasaran barang tersebut diperlukan suatu ilmu atau cara yang terbaik dan itulah yang kita sebut dengan pemasaran atau marketing.
Marketing atau pemasaran merupakan salah satu faktor terpenting dalam perusahaan untuk mewujudkan suatu tujuan perusahaan. Pada perusahaan yang dikelola dengan baik, bagi marketing menduduki posisi yang penting dibandingkan dengan posisi atau jabatan yang lain dalam perusahaan.
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang dibutuhkan serta keinginan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain. (Philip Kotler 2010)
Pemasaran menurut asosiasi pemasaran Amerika adalah proses perencanaan dan pelaksanakan pemikiran, penetapan harga, promosi, dan penyaluran gagasan barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran industri dan organisasi.
Marketing meliputi segala kegiatan yang berhubungan dengan cara menggerakan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen serta memberikan kepuasan yang lebih baik dari pesaing. Marketing (Pemasaran) merupakan salah satu bagian dari kegiatan pokok yang dilakukan para pengusaha dalam menjalankan usaha untuk berkembang dan untuk menghasilkan laba. Dalam berbisnis, berhasil tidaknya pencapaian suatu tujuan tergantung pada keahlian mereka yang bergelut dalam bidang pemasaran, produksi, keuangan, maupun dalam bidang lain pada suatu perusahaan. Lebih dari itu tergantung pada kemampuan untuk mengkombinasikan dalam hal tersebut agar organisasi dapat berjalan dengan lancar.
Jika dilihat dari definisi-definisi tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa proses pemasaran terjadi jauh sebelum barang di produksi dan kegiatan pemasaran itu diciptakan oleh pembeli dan penjual dimana keduanya sama-sama mencapai kepuasan. Bilamana perusahan tersebut mampu memasarkan barang atau jasa yang dihasilkan dengan harapan perusahaan dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan.
Tujuan utama pemasaran adalah memberika pelayanan, memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Oleh karena itu, pemasar perlu memahami bagaimana perilaku konsumen dalam usaha memuaskan kebutuhan dan keinginanya.

0 komentar:

Posting Komentar